Monday, April 9, 2018

kepenulisan yang baik dalam pembuatan sponsor acara

PROPOSAL KEGIATAN
Trunojoyo Islamic Festival  2017
“TRIF”
     I.        LatarBelakang
Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah, Tuhan semesta alam yang melimpahkan nikmat tak terhingga kepada kita semua. Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada suri tauladan umat manusia sepanjang masa, Nabi Muhammad beserta keluarga, para sahabat dan para pengikutnya yang Insya Allah senantiasa istiqomah hingga akhir zaman.
Islam merupakan rahmat bagi alam semesta. Ajarannya meliputi semua aspek kehidupan yang mengantarkan kita pada kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Salah satunya merupakan aspek ekonomi, yang sudah cukup lama umat Islam Indonesia demikian juga belahan dunia Islam lainya menginginkan sistem perekonomian yang berbasis syariah untuk dapat diterapkan dalam segenap aspek kehidupan bisnis dan transaksi umat. Perekonomian masyarakat luas akan menjadi baik bila menggunakan kerangka kerja atau acuan norma-norma Islami.
Universitas Trunojoyo Madura merupakan satu-satunya perguruan tinggi yang berada di Madura yang memiliki beberapa fakultas salah satunya yakni Fakultas Keislaman (FKis). Dimana fakultas keislaman didirikan berdasarkan hasil pengesahan rapat senat Universitas dan juga permintaan seluruh ulama yang ada di Madura. Menutut para ulama yang ada di Madura, Universitas Trunojoyo Madura akan terasa hambar jikalau pada dasarnya lingkungan sekeliling kental dengan keagamaan islamnya, namun belum ada fakultas maupun program studi yang mampu aunginya. Dengan pertimbangan hal inilah pada tanggal 02 Mei 2014, Fakultas Keislaman diresmikan.
Setelah mengingat & menimbang maka kami para anggota Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keisalaman memutuskan untuk mengadakan sebuah acara kegiatan positif yang membangun dengan berdasarkan nilai-nilai Islam yang dapat membangkitkan serta mengembangkan potensi dalam diri para Mahasiswa secara transparan dan akuntabilitas. Oleh sebab itu kami, kepanitiaan dari dukungan berbagai pihak yang terkait untuk mengadakan kegiatan Trunojoyo Islamic Festival.
   II.        NamaKegiatan


Kegiatan ini bernama “Trunojoyo Islamic Festival 2017”

III. Tema Kegiatan

Kegiatan ini bertema “Generasi Intelektual Cinta Islam”
IV.  Landasan Kegiatan
Adapunlandasandarikegiataniniadalah:
1.  Tri Dharma PerguruanTinggi UTM
2.  AD/ART BEM FKis KM – UTM
3.  Program kerja BEM FKis UTM
V.           Tujuan Kegiatan
a)  Meningkatkan peran aktif Mahasiswa dalam pengembangan Masyarakat Muslim.
b)  Berupaya memberikan masukan serta kontribusi nyata bagi para pengambil kebijakan baik pemerintah, swasta maupun masyarakat luas.
c)  Untukmenghidupkan kembali semangat Kebangkitan Islamyang telah memudar di Masyarakat Indonesia.
d)  Sebagai wahana bagi Mahasiswa dan Masyarakat untuk meraih kembali kejayaan Islam, khususnya di Prekonomian dan Pendidikan.
e)  Menggali kemampuan dan kreativitas Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura.
f)   Tersalurnya kegiatan Mahasiswa untuk ikut serta dalam kegiatan dakwah dan keorganisasian syiar Islam.
g)  Sebagai wadah mahasiswa untuk melatih dan mengukur kemampuan yang dimiliki oleh mahasiswa.


VI.         Bentuk Kegiatan
1.   Tabligh Akbar
          Mahasiswa merupakan bagian dari generasi muda Indonesia, karena pendidikannya berada di perguruan tinggi, maka mahasiswa memperoleh peluang yang sangat besar untuk mengembangkan dirinya sebagai manusia yang berkualitas.Mahasiswa sebagai masyarakat kampus merupakan kaum intelektual yang diharapkan punya kreatifitas yang tinggi baik di bidang akademis maupun bidang non akademis.
Didalam proses pembangunan, mahasiswa merupakan kekuatan pembangunan yang sekaligus harus dibangun sehingga menjadi manusia yang mampu mewujudkan masa depan yang lebih baik.
Oleh karena itu, pembangunan kemahasiswaan merupakan sesuatu yang harus dilakukan. Pembangunan kemahasiswaan merupakan tugas nasional dan merupakan wahana dan sarana untuk membentuk manusia yang lebih berkualitas sehingga nantinya dapat memiliki andil dalam pembentukan dan pembangunan negara Indonesia meskipun dari sektor yang terkecil.
Berdasarkan hal-hal diatas, maka Badan Eksekutif Mahasiswa FakultasKeislaman Universitas Trunojoyo Madura mengadakan kegiatan TABLIGH AKBAR. Dan dalam tabligh akbar tersebut diharapkan nantinya mahasiswa dapat mengambil nilai-nilai pembangunan yang dapat ditetapkan dikampus, di luar kampus dan bahkan secara global untuk menunjang pembangunan nasional.

2.   Lomba Da’i
Kegiatan lomba Da’i oleh BEM FKis dalam rangkaian acaranya pada TRIF memberikan kesempatan bagi adik-adik yang duduk di bangku SMA/SMK/MA Sederajat untuk mengembangkan potensi yang dimiliki dalam bidang da’i sebagai proses kegiatan untuk menggali potensi. Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan baik agama maupun Ilmu Pengetahuan umum, maka BEM FKis tergerak untuk perlu mengadakan suatu kegiatan yang berkaitan dengan penggalian potensi yang dimiliki oleh anak-anak yang ada di wilayah Jawa Timur. Penggalian potensi yang dimiliki oleh anak-anakSMA/SMK/MA Sederajat ini Insya Allah akan mempunyai manfaat yang besar dalam rangka menggali potensi dan kemampuan anak-anak tersebut sehingga menjadikan mereka lebih percaya diri dan siap untuk mengikuti jenjang pendidikan berikutnya. Penggalian potensi dan kreativitas ini meliputi aspek-aspek dasar yang harus dimiliki seorang anak. Diantara potensi diri yang ingin digali yaitu menumbuhkan rasa percayadiri, dasar-dasar dinul Islam, kemampuan berbahasa dan berhitung, kreativitas anak, serta teknologi informasi.Dengan adanya stimulus berupa ajang perlombaan seperti ini diharapkan didapatkan bibit-bibit unggul yang siap mengikuti jenjang pendidikan berikutnya untuk melanjutkan pengasahan dan pembinaan kemampuan dan kreativitas  yang dimiliki anak
          Dengan demikian sangat penting untuk diakannya lomba Da’i. Guna melaksanakan berbagai rekomendasi hasil rapat panitia rangkaian acara TRIF (Trunojoyo Islamic Festival) FKis yang harus segera dilaksanakan dalam beberapa rancangan program yang akan dirumuskan oleh BEM FKis. Hal ini diharapkan agar mendapatkan fasilitas yang layak, dan tidak hanya menjadi pandangan semu semata.
3.   Tahfidz
Kegiatan lomba tahfidz oleh BEM Fkis dalam rangkaian acaranya pada TRIF memberikan kesempatan bagi pelajar se Jawa Timur untuk meningkatkan kemampuan dalam menghafal Al-Quran kepada pelajar dan mengadakan suatu kegiatan ini yang berkaitan dengan penggalian potensi yang dimiliki oleh pelajar yang ada di wilayah Jawa Timur. Penggalian potensi yang dimiliki oleh pelajar ini Insya Allah akan mempunyai manfaat yang besar dalam rangka menggali potensi dan kemampuan pelajar tersebut sehingga menjadikan mereka lebih percaya diri dan siap untuk mengikuti.
     Dengan demikian sangat penting untuk diadakannya lomba tahfidz . Guna melaksanakan berbagai rekomendasi hasil rapat panitia rangkaian acara TRIF (Trunojoyo Islamic Festival) FKis yang harus segera dilaksanakan dalam beberapa rancangan program yang akan dirumuskan oleh BEM FKis. Hal ini diharapkan agar mendapatkan fasilitas yang layak, dan tidak hanya menjadi pandangan semu semat.
4.   Fistival al-Banjari
Indonesia adalah bangsa besar yang terkenal dengan keanekaragaman seni dan budayanya. Kekayaan khazanah seni dan budaya tersebut berasal dari Sabanga hingga Merauke yang memiliki nilai-nilai sejarah dan telah memberikan cora has kebudayaan Indonesia. karya seni dan budaya tersebut telah tumbuh dan berkembang hampir di seluruh pelosok wilayah di Indonesia.
Kesenian adalah  suatu usaha untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan dan seni itu dijalankan pula dari pada estetika. Dalam Islam ada kesenian yang bisa disebut “al-Banjari” yang berisikan nyanyian-nyanyian keagamaan. Dalam istilah, al-Banjari dinyayikan dalam bentuk bahasa Arab yang mengandung pujian kepada Nabi Muhammad dan para Sahabat. Seni al-Banjari bisa juga disebut dengan jenis nyanyikan yang berasal dari dzikir dan dinyanyikan dengan iringan sejenis alat bercorak rebana yang dimainkan dengan kompak. Tidak hanya itu, seni hadrah juga telah menjadi perekat hubungan antara kelompok masyarakat Islam. Tidak jarang, ratusan hingga ribuan orang berkumpul untuk melantunkan shalawat dan kalimat thoyyibah dengan tujuan mempererat di antara mereka.
Berdasarkan pemikiran diatas, kami keluarga besar BEM Fkis bermaksud mengelar acara “Fistival al-Banjari”. Acara tersebut adalah merepakan usaha mempertahankan seni Islam yang telah menjadi bagian dari budaya bangsa Indonesia. dan dengan acara ini diharapkan akan terbentuk susunan sejuk dan damai di bawah kendali Ukhuwah Islamiyah.
5.   Bazar Kedaerahan
Universitas Trunojoyo Madura merupakan salah satu universitas negeri yang ada di Indonesia, dimana berbagai mahasiswa dari bermacam daerah dan adat juga menimba ilmu disini. Sehingga hal inilah yang menambah wawasan dan juga beragam warna tercipta di Universitas Trunojoyo Madura. Namun untuk memper erat dari masing-masing daerah maupun adat ini, dibutuhkan wadah yang mampu menampung dan mempererat tali silaturrahmi dari berbagai macam perbedaan tersebut. salah satunya yakni dengan cara penyelenggaraan bazar yang bertemakan kedaerahan. Hal ini dimaksudkan dengan sebagal ragam yang ada di universitas trunojoyo madura ini bisa dikenalkan kepada masyarakat luar, khususnya pihak atau mahasiswa yang terlibat dalam acara ini. Acara ini juga merupakan ajang kreatifitas mahasiswa dari berbagai daerah untuk memamerkan ciri khas dari masing-masing daerah.
6.   UTM Bersholawat
Kecintaa umat kepada nabi sangat terlhat ketika para umat beliau telah menladani dari sifat-sifat, kebaikan, kejujuran serta akhlak beliau dan juga merayakanmaulid nabi atau lair nabi. Maulidnabiadalahsalahsatuungkapandari rasa cinta rasa senangsrtarinduterhadapnabiMuhammad Saw. Dalam rangka penutupan acara TRIF BEM Fkis sekaligus memperingati mulid Nabi Muhammad Sawdenganrangkasholawatbersamaatas rasa cintanyakepadanabi Muhammad Saw.


VII.       Waktu dan Tempat
Waktu dan tempat untuk rangkaian acara Trunojoyo Islamic Festival 2017 diselenggarakan tanggal 26 November- 01 Desember 2015 dengan rincian sebagai berikut:
1.   Tabligh Akbar
Waktu                   : Minggu, 26 November 2017
Pukul                             : 07.00 – 12.00 WIB
Tempat                 : Gedung Pertemuan Universitas Trunojoyo Madura
2.   Lomba Da’i
Waktu                   : Senin, 27 November 2017
Pukul                             : 07.30Selesai
Tempat                 : Gedung Cakra Universitas Trunojoyo Madura
3.   LombaTahfidz
Waktu                   : Selasa, 28 November 2017
Pukul                             : 07.00Selesai
Tempat                 : Gedung Cakra Universitas Trunojoyo Madura
4.   Fistival Al-Banjari
Waktu                   : Rabu, 29 November 2017
Pukul                             : 07.30- Selesai
Tempat                 : Gedung Cakra Universitas Trunojoyo Madura
5.   UTM Bersholawat
Waktu                   :Kamis, 30 November 2017
Pukul                             : 19.00-22.00
Tempat                 :GedungPertemuanUniversitas TrunojoyoMadura
6.   Bazar Kedaerahan
Waktu                   : Menyesuaikan dengan acara
Pukul                             : 08.00-12.00 WIB
Tempat                 : Gedung Cakra Universitas Trunojoyo Madura



VIII.     Sasaran Kegiatan
Kegiatan
Target
Tabligh Akbar
Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura
Lomba Da’i

SMA/SMK/MA Sederajat tingkat Jawa Timur
Hafidz
SMA/SMK/MA Sederajat tingkat Jawa Timur
Fistifal al-Banjari
SMA/SMK/MA Sederajat Tingkat Jawa Timur
Sholawat bersama
Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura
Bazar
Untuk umum


IX.        Susunan Acara
Rincian susunan acara selengkapnya terlampir (Lampiran I)
X.          Susunan Panitia
Rincian Susunan Panitia selengkapnya terlampir (Lampiran II)
XI.        Anggaran Dana
Rincian Anggaran dana selengkapnya terlampir (Lampiran III)



IV.         Penutup
Demikianlah proposal ini kami buat dengan harapan dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Sukses dan lancarnya acara ini hanya atas ridho Allah SWT dan karena bantuan kerjasama dengan berbagai pihak. Semoga Allah senantiasa menuntun kita kejalan kebenaran untuk menggapai ridho-Nya. Aamiin

Wassalamu’alaikum Wr.Wb



Bangkalan, 09 Juli 2017



Lampiran I
                                            Susunan Acara
Trunojoyo Islamic Festival 2017
Acara
Hari, Tanggal
Jam (WIB)

Kegiatan

Tabligh Akbar
Minggu, 26 November 2017
06.30-07.00
Breafing Panitia
07.00-07.30
Persiapan Acara
07.30-08.30
Breafing Peserta
08.30-09.00
Pembukaan
09.00-12.00
Acara Inti
12.00-12.20
Penutup
Lomba Da’i
Senin, 27 November 2017
07.00-08.00
Breafing
08.00-09.00
Pembukaan dan Pembacaan ketentuan Lomba
09.00-Selesai
Acara lomba Da’i
LombaHafidz
Selasa,28 November 2017

07.00-08.00
Breafing
08.00-09.00
Pembukaan dan Pembacaan ketentuan Lomba
09.00-Selesai
AcaralombaHafidz
Fistifal al-Banjari
Rabu,29 November 2017
07.00-08.00
Breafing
08.00-09.00
Pembukaan dan Pembacaan ketentuan Lomba
09.00-Selesai
AcaraFistifal al-Banjari
Sholawat bersama
Jum’at, 01 Desember 2017
19.00-20.00
Breafing
20.00-21.30
Acarainti
21.30-22.00
Penutup
Bazar
Menyesuaikan dengan Acara
08.00-12.00













Lampiran II
SusunanPanitia
Trunojoyo IslamFestival 2017

Pelindung
:
Dr. Indien Winarwati, SH., M.H
Pembimbing
:
Dr. Abdurrahman, S.Ag., M.EI.
PenanggungJawab
:
RianSuhaimi

Ketua Pelaksana            : ArifAnso
Sekretaris Pelaksana      : Iftiatun Dian Humairoh
Bendahara Pelaksana    : Widiyawati
Tabligh Akbar                : Yadi (CO)
1.  Hariyanto
2.  BarriyatinNafi’ah
3.  WulantikaPuspawardani
4.  Sadikun Muarif
5.  Muluk Rusida
6.  Moh. Hadari
7.  Achamad Zinudin
8.  Erwin Mandini
9.  Devi Karikasari
10.  Siti Alfi Masruroh
Lomba Da’i                     : KhoirunNisak (CO)
1.   Muhammad Idris Affandi
2.   Meyke Regita Putri
3.   Nur Aulia Arif
4.   Santi Sarafika Wardani
5.   Achmad Dika Maulana
6.   Ria Aria Nurlaili
7.   Ahmad Riadi
8.   Halimatus Zahroh
Lomba Hafidz                 : LaelatusSolehah (CO)
1.   Moh. Zaenal Arifin
2.   KamililHusnia
3.   Tamimah
4.   NurulTsania
5.   M. Syamsul Arifin
6.   Ikhtiyah Miftakhul A.
7.   Saraswati Rakasiwi
8.   Ayun Adilla Afsari
9.   Eka Anggraeni SAnggota   
10.        Afifatun Nisa
Fistifal al-Banjari           :Beirudin
1.   DzurotunHasanah
2.   IslamiyaraIkhsanti
3.   Siska Wulan Sari
4.   Mohammad Fauzi
5.   Irma Zuha Attamimi
6.   Susanti
7.   Retno Wulandari
8.   Jamilah
Sholawar bersama         : Ulfatuswari
1.     Holilurrohman
2.     Mamluatus Salimah
3.     Badar Rijal Pratama
4.     Armyza Octasari
5.     Siti Wulandari
6.     Hidayaturrohmah
Bazar kedaerahan          : FitriaNurhidayati
1.     PuriRahayu
2.     Karimah
3.     Miftakhul Huda
4.     Siti Hana
5.     Listika Okafiani
6.     Zainol Hasan
7.     Rudi Hartono
SiePerlengkapan            : Moh. Yasin
1.     Hamdan
2.     Abdul Wahed
3.     RizkaIsnany Safitri
4.     Ainul yakin
5.     Ilham hidayatullah
6.     Yunita Rusdiyana
Sie Pubdekdok               : Ahmad Fauzi
1.     Mahrus Alam
2.     Ajeng Estu Khairiyah
3.     Mursyidi Abror
4.     Kiptiyah
5.     Agus erfanoro
SieHumas                      : Fawa’id
1.   Sari Pamungkas
2.   Putra Wijaya
3.   Samsiyah
4.   Muhammad syarifuddin
5.   Mukmin
SieKonsumsi                  :BintiSundiyah
1.     IndriaMawaddah
2.     Deviyana Norma Prastica
3.     Musrifah
4.     Layyinah
5.     Siti Irkam alfiyana
6.     Syarif hidayatullah
Sie Sponsorship             : Muhammad AliyulWafa
1.   NurdianaPutri
2.   Dina Qurrota A
3.   Fariyatul Jannah
4.   Nurul maulida
5.   Alfan Maulidin



lampiran III
Anggaran Dana
Trunojoyo Islamic Festival 2017
PEMASUKAN
   1.        TABLIGH AKBAR
Uraian
Item
Harga satuan (Rp)
Jumlah (Rp)
Total (Rp)
BEM


1.200.000

Konstribusi peserta
1000 peserta
25.000
25.000.000

Sponsor


10.300.000

Total pemasukan
36.500.000

   2.        DA’I TINGKAT REGIONAL
Uraian
Item
Harga satuan (Rp)
Jumlah (Rp)
Total (Rp)
BEM


1.000.000

Kontribusi peserta
100 peserta
45.000
4.500.000

Sponsor


10.204.000

Total pemasukan
15.704.000





   3.        TAKHFIDZ TINGKAT REGIONAL
Uraian
Item
Harga satuan (Rp)
Jumlah (Rp)
Total (Rp)
BEM


1.000.000

Kontribusi peserta
10 JUZ regional 70 peserta
5 JUZ tingkatuniversitas 50 peserta
JUZ 30 tingkat FKIS 30 peserta
45.000
25.000

15.000
3.150.000
1.250.000

450.000
5.850.000
Sponsor


19.962.000

Total pemasukan
26.812.000

   4.        FESTIVAL BANJARI TINGKAT REGIONAL
Uraian
Item
Harga satuan (Rp)
Jumlah (Rp)
Total (Rp)
BEM


1.000.000

Kontribusi peserta
50 peserta
100.000
5.0000.000

Sponsor


20.184.000

Total pemasukan
26.184.000

   5.        BAZAR  KEDAERAHAN
Uraian
Item
Harga satuan (Rp)
Jumlah (Rp)
Total (Rp)
BEM


250.000

Sponsor


1.090.000

Total pemasukan
1.340.000

   6.        UTM BERSOLAWAT
Uraian
Item
Harga satuan (Rp)
Jumlah (Rp)
Total (Rp)
BEM


1.000.000

Sponsor


97.334.000

Total pemasukan
98.334.000








PENGELUARAN
   1.        TABLIGH AKBAR
No
Uraian
Item
Harga Satuan (Rp)
Jumlah (Rp)
Total (Rp)

1.    
KONSUMSI

Konsumsi  Peserta

Nasi kotak peserta
1000 peserta
10.000
10.000.000


Air mineral kemasan gelas
23 dus
20.000
460.000



10.460.000

Konsumsi Panitia

Konsumsi panitia
20
8.000
160.000


Air mineral kemasangelas
3 dus
20.000
60.000


Jumlah
220.000

Konsumsi Pemateri

Nasi kotak  pemateri
4
30.000
120.000


Air mineral botol
8
4.000
32.000


Jumlah
152.000


BIAYA AKOMODASI

Pesawat
3*2 kali (pp)
1.500.000
9.000.000


Sewa mobil
1
400.000
400.000






Biaya bahan bakar
1
300.000
300.000


Fee pengemudi
1
200.000
200.000


Jumlah

9.900.000

2.    
HUMAS

Fee pemateri
1
14.000.000
14.000.000




Jumlah

14.000.000

3.    
PDD

Banner
1 (3,5 x 4)
300.000
300.000


1 (3,5 x 4)
300.000
300.000


Baretai mic
4
10.000
40.000


Id card panitia
45
5.000
225.000


Sertifikat panitia
45
5.000
225..000


Jumlah

1.165.000

4.    
PERLENGKAPAN

Sewa gedung
1
300.000
300.000


ATK


303.000


Jumlah
603.000

TOTAL JUMLAH
36.500.000











   2.         LOMBA DA’I
No
Uraian
Item
Harga Satuan (Rp)
Jumlah (Rp)
Total (Rp)

5.    
KONSUMSI

Konsumsi  Peserta

Nasi kotak peserta
100 peserta
10.000
1.000.000


Air mineral kemasan gelas
6 dus
20.000
120.000



1.120.000

Konsumsi Panitia

Konsumsi panitia
25
8.000
220.000


Air mineral kemasan gelas
3 dus
20.000
60.000


Jumlah
280.000

Konsumsi Juri

Nasi kotak  Juri
3
30.000
90.000


Air mineral botol
6
4.000
24.000


Jumlah
114.000

6.    
HUMAS







Transportasi penyebaran undangan

750.000
750.000


Fee dewan juri
3
850.000
2.550.000


Jumlah

3.300.000

7.    
PDD

Banner
1 (3,5 x 4)
300.000
300.000


Pamphlet
1
400.000
400.000


Baretai mic
4
10.000
40.000


Id card peserta
100
5.000
500.000


Sertifikat juara
3
10.000
30.000


Sertifikat peserta
100
5.000
500.000


Jumlah

1.770.000

8.    
PERLENGKAPAN

Sewa gedung
1
150.000
150.000


Piala
3
400.000
1.200.000


Da’i kit
100
15.000
1.500.000


Id card panitia
25
4.000
100.000


Sertifikat panitia
25
4.000
100.000


Dekorasiruangandansterofom

500.000
500.000


ATK


300.000


Jumlah
3.850.000

9.    
KESEKRETARIATAN
Amplop


100.000

Surat
100
1.000
100.000

Foto copy


170.000

Print daftarhadir dll


400.000

Jumlah
770.000

ACARA

10.         

Uang Pembinaan


Juara 1
1
2.000.000
2.000.000


Juara 2
1
1.500.000
1.500.000


Juara 3
1
1.000.000
1.000.000


Jumlah
4.500.000

TOTAL JUMLAH
15.704.000


   3.         LOMBA TAHFIDZ
No
Uraian
Item
Harga Satuan (Rp)
Jumlah (Rp)
Total (Rp)

11.         
KONSUMSI

Konsumsi  Peserta

Nasi kotak peserta
150 peserta
10.000
1.500.000


Air mineral kemasan gelas
6 dus
20.000
120.000



1.620.000

Konsumsi Panitia

Konsumsipanitia
30
8.000
240.000


Air mineral kemasan
gelas
4 dus
20.000
80.000


Jumlah
320.000

Konsumsi Juri

Nasi kotak  Juri
9
30.000
270.000


Air mineral botol
18
4.000
72.000


Jumlah
342.000

12.         
HUMAS

Transportasi penyebaran undangan

750.000
750.000


Fee dewan juri
9
500.000
4.500.000


Jumlah

5.250.000

13.         
PDD

Banner
1 (3,5 x 4)
300.000
300.000


Booklet
200
3.000
600.000


Pamphlet
1
400.000
400.000


Baretai mic
4
10.000
40.000


Id card peserta
150
5.000
750.000


Sertifikat juara
9
10.000
90.000


Sertifikat peserta
150
5.000
750.000


Jumlah

2.930.000

14.         
PERLENGKAPAN

Sewa gedung
3
150.000
450.000


Piala
9
400.000
3.600.000


Tahfidz kit
150
15.000
2.250.000


Id card panitia
30
4.000
120.000

Sertifikat panitia
30
4.000
120.000

Dekorasiruangandansterofom
3 ruangan
350.000
1.050.000

ATK


300.000

Jumlah
7.890.000

KESEKRETARIATAN
Amplop


210.000

Surat
150
1.000
150.000

Foto copy


350.000

Print daftar hadir dll


400.000

Jumlah
1.110.000

15.         
ACARA
10 Juz tingkat  
Regional
Uang Pembinaan

Juara 1
1
2.000.000
2.000.000

Juara 2
1
1.500.000
1.500.000

Juara 3
1
1.000.000
1.000.000

Jumlah
4.500.000
5 Juz tingkat
Universitas
Juara 1
1
1.000.000
1.000.000

Juara 2
1
750.000
750.000

Juara 3
1
500.000
500.000

Jumlah
2.250.000
Juz 30 se Fakultas
Keislaman
Juara 1
1
300.000
300.000

Juara 2
1
200.000
200.000

Juara 3
1
100.000
100.000


Jumlah
600.000

TOTAL JUMLAH
26.812.000



























   4.        FESTIVAL AL-BANJARI
No
Uraian
Item
Harga Satuan (Rp)
Jumlah (Rp)
Total (Rp)
16.         
KONSUMSI
Konsumsi  Peserta
Nasi kotak peserta
50 tim
Per tim 7 orang=350 peserta
10.000
3.500.000

Air mineral kemasan gelas
10 dus
20.000
200.000


3.700.000
Konsumsi Panitia
Konsumsi panitia
25
8.000
200.000

Air mineral kemasan gelas
4 dus
20.000
80.000

Jumlah
280.000
Konsumsi Juri
Nasi kotak  Juri
3
30.000
90.000

Air mineral botol
6
4.000
24.000

Jumlah
114.000
17.         
HUMAS
Transportasi penyebaran undangan

750.000
750.000

Fee dewan juri
3
500.000
1.500.000

Jumlah

2.250.000
18.         
PDD
Banner
1 (3,5 x 4)
300.000
300.000

Booklet
200
3.000
600.000

Pamphlet
1
400.000
400.000

Baretai mic
4
10.000
40.000

Id card peserta
350
5.000
1.750.000

Sertifikatjuara
3
10.000
30.000

Sertifikat peserta
350
5.000
1.760.000

Jumlah

4.880.000
19.         
PERLENGKAPAN
Sewa gedung
1
300.000
300.000

Piala
3
400.000
1.200.000

Festival kit
350
15.000
5.250.000

Id card panitia
25
4.000
100.000

Sertifikat panitia
25
4.000
100.000

Dekorasi ruangan dan sterofom
1
350.000
350.000

ATK


300.000

Jumlah
7.600.000

KESEKRETARIATAN
Amplop


210.000

Surat
150
1.000
150.000

Foto copy


400.000

Print daftarhadir dll


600.000

Jumlah
1.360.000

22
ACARA
Uang Pembinaan

Juara 1
1
2.500.000
2.500.000

Juara 2
1
2.000.000
2.000.000

Juara 3
1
1.500.000
1.500.000


Jumlah
6.000.000

TOTAL JUMLAH
26.184.000

















   5.        BAZAR KEDAERAHAN
No
Uraian
Item
Harga Satuan (Rp)
Jumlah (Rp)
Total (Rp)
20.         
KONSUMSI
Konsumsi  Panitia
Nasi kotak
20
8.000
160.000

Air mineral kemasan gelas
3 dus
20.000
60.000


220.000
Konsumsi peserta
Air mineral kemasan gelas
20 dus
20.000
400.000

Jumlah
400.000
Perlengkapam
Sewa gedung
1
300.000
300.000

Id card panitia
20
4.000
80.000

Jumlah
380.000
21.         
PDD
Banner
1 (3,5 x 4)
300.000
300.000

Baretai mic
4
10.000
40.000

Jumlah

340.000
TOTAL JUMLAH
1.340.000










   6.        UTM BERSOLAWAT
No
Uraian
Item
Harga Satuan (Rp)
Jumlah (Rp)
Total (Rp)
22.         
KONSUMSI
Konsumsi  Peserta
Roti
1000
5.000
5.000.000

Air mineral kemasan gelas
30 dus
20.000
600.000


5.600.000
Konsumsi Panitia
Konsumsi panitia
45
8.000
360.000

Air mineral kemasan gelas
5 dus
20.000
100.000

Jumlah
460.000
Konsumsi pemateri
Nasipemateri
3
50.000
150.000

Air mineral botol
6
4.000
24.000

Jumlah
174.000
23.         
HUMAS
Transportasi pesawat pemateri
3 x 2
1.500.000
9.000.000

Fee sopir mobil


200.000

Fee pemateri


80.000.000

Sewa mobil
1
500.000
500.000

Jumlah

89.700.000
24.         
PDD
Banner
1 (3,5 x 4)
300.000
300.000

Pamphlet
1
400.000
400.000

Baretai mic
4
10.000
40.000

Jumlah

740.000
25.         
PERLENGKAPAN
Sewa gedung
1
300.000
300.000

Id card panitia
45
4.000
180.000

Sertifikat panitia
45
4.000
180.000

Dekorasi ruangan dan sterofom
1
350.000
350.000

Jumlah
1.010.000

KESEKRETARIATAN
Amplop


100.000

Surat


150.000

Foto copy


100.000

Print daftarhadir dll


300.000

Jumlah
650.000

TOTAL JUMLAH
98.334.000















AKUMULASI  PENGELUARAN
NO
ACARA
TOTAL JUMLAH
1.
Tabligh Akbar
36.500.000
2.
Lomba Dai’
15.704.000
3.
Lomba Tahfidz
26.812.000
4.
Fesival al-Banjari
26.184.000
5.
Bazar Kedaheraan
1.340.000
6.
UTM Bersholawat
98.334.000
JUMLAH PENGELUARA
204.874.000


PENAWARAN SPONSORSHIP
Trunojoyo Islamic Festival 2017 (TRIF)

Dalam rangka menyukseskan acara Trunojoyo Islamic Festival 2017 (TRIF), kami selaku panitia pelaksana memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada perusahaan-perusahaan, instansi pemerintah, dan pihak lainya untuk berpartisipasi dalam mendukung terselenggaranya acara ini.
Adapun bentuk partisipasi yang kami tawarkan adalah sebagai berikut:

1.   SPONSOR DINAR
Sponsor dinar adalah pihak yang bersedia menyediakan dana sebesar      Rp.10.000.000,- s/d Rp.15.000.000,-Untuk itu pihak sponsor berhak memperoleh kontrak prestasi dari kami dibawah ini:
Ø  Company presentation
Kami akan memberikan kesempatan kepaha pihak sponsor untuk melakukan presentasi sebagai upaya promosi dan dilakukan sebelum acara dimulai.
Ø  Company jingle
Kami akan memutarkan video profil pihak sponsor sebelum acara berlangsung.
Ø  Invitation event
Kami akan memberikan kesempatan kepada pihak sponsor untuk hadir sebagai tamu undangan VIP kami pada pelaksaan acar serta kesempatan untuk makan bersama para pemateri.
Ø  Promosi produk
Kami dari pihak panitia akan mempromosikan produk pihak sponsor kami kepada semua peserta kegiatan ini.
Ø  Stand expo
Kami akan memberikan space ruang bagi pihak sponsor untuk ikut serta dalam expo produk di luar ruangan acara berlangsung.
Ø  Company standing banner
Kami akan memberikan kesempatan kepada pihak sponsor untuk meletakan standing banner sebagai bentuk promosi di tempat acara berlangsung.
Ø  Company special quiz
Bagi pihak sponsor yang ingin memberikan layanan kuis bagi para peserta acara, kami akan degan senang hati memberikan layanan tersebut.
Ø  Ad- Lips
Sebagai bentuk apresiasi kami, MC acara akan menyebutkan nama dan promosi pihak sponsor di depan semua peserta acara
Ø  Branding logo cetak maupun social media
Kami akan meletakan logo pihak sponsor di setiap Banner seluruh acara, baleho, poster, sertifikat acara, dan ID card panitia serta kami juga akan mempromosikan di sosial media kami.

Keterangan :
1.  Bila harga penawaran tersebut masih sisa, maka sepenuhnya akan digunakan untuk menunjang kepanitiaan
2.  Material dan desain disediakan oleh panitia, kecuali sudah diatur dalam ketentuan umum
3.  Ketentuan ini bersifat fleksibel, bisa diatur sesuai kesepakatan bersama.


2.   SPONSOR DIRHAM
Sponsor dirham adalah pihak yang bersedia menyediakan dana sebesar   Rp. 5.000.000,- s/d Rp. 9.000.000,-Untuk itu pihak sponsor berhak memperoleh kontra prestasi dari kami dibawahini :
Ø  Company jingle
Kami akan memutarkan video profil pihak sponsor sebelum acara berlangsung.
Ø  Invitation event
Kami akan memberikan kesempatan kepada pihak sponsor untuk hadir sebagai tamu undangan VIP kami pada pelaksaan acar serta kesempatan untuk makan bersama para pemateri.
Ø  Promosi produk
Kami dari pihak panitia akan mempromosikan produk pihak sponsor kami kepada semua peserta kegiatan ini.
Ø  Stand expo
Kami akan memberikan space ruang bagi pihak sponsor untuk ikut serta dalam expo produk di luar ruangan acara berlangsung.
Ø  Company standing banner
Kami akan memberikan kesempatan kepada pihak sponsor untuk meletakan standing banner sebagai bentuk promosi di tempat acara berlangsung.
Ø  Company special quiz
Bagi pihak sponsor yang ingin memberikan layanan kuis bagi para peserta acara, kami akan degan senang hati memberikan layanan tersebut.
Ø  Ad- Lips
Sebagai bentuk apresiasi kami, MC acara akan menyebutkan nama dan promosi pihak sponsor di depan semua peserta acara
Ø  Branding logo cetak maupun social media
Kami akan meletakan logo pihak sponsor di setiap Banner seluruh acara, baleho, poster, sertifikat acara, dan ID card panitia serta kami juga akan mempromosikan di sosial media kami.

Keterangan :                                                                                                    
1.  Bila harga penawaran tersebut masih sisa, maka sepenuhnya akan digunakan untuk menunjang kepanitiaan
2.  Material dan desain disediakan oleh panitia, kecuali sudah diatur dalam ketentuan umum
3.  Ketentuan ini bersifat fleksibel, bisa diatur sesuai kesepakatan bersama


3.   SPONSOR KARTAL
Sponsor kartal adalah pihak yang bersedia menyediakan dana sebesar    Rp. 3.000.000,- s/d Rp. 4.000.000,-Untuk itu pihak sponsor berhak memperoleh kontra prestasi dari kami dibawah ini :
Ø  Invitation event
Kami akan memberikan kesempatan kepada pihak sponsor untuk hadir sebagai tamu undangan VIP kami pada pelaksaan acar serta kesempatan untuk makan bersama para pemateri.
Ø  Promosi produk
Kami dari pihak panitia akan mempromosikan produk pihak sponsor kami kepada semua peserta kegiatan ini.
Ø  Stand expo
Kami akan memberikan space ruang bagi pihak sponsor untuk ikut serta dalam expo produk di luar ruangan acara berlangsung.
Ø  Company standing banner
Kami akan memberikan kesempatan kepada pihak sponsor untuk meletakan standing banner sebagai bentuk promosi di tempat acara berlangsung.
Ø  Company special quiz
Bagi pihak sponsor yang ingin memberikan layanan kuis bagi para peserta acara, kami akan degan senang hati memberikan layanan tersebut.
Ø  Ad- Lips
Sebagai bentuk apresiasi kami, MC acara akan menyebutkan nama dan promosi pihak sponsor di depan semua peserta acara
Ø  Branding logo cetak maupun social media
Kami akan meletakan logo pihak sponsor di setiap Banner seluruh acara, baleho, poster, sertifikat acara, dan ID card panitia serta kami juga akan mempromosikan di sosial media kami.
         
Keterangan :
1.  Bila harga penawaran tersebut masih sisa, maka sepenuhnya akan digunakan untuk menunjang kepanitiaan
2.  Material dan desain disedikan oleh panitia, kecuali sudah diatur dalam ketentuan umum
3.  Ketentuan ini bersifat fleksibel, bisa diatur sesuai kesepakatan bersama

4.   SPONSOR GIRAL
     Sponsor giral adalah sponsor yang berkontribusi dalam acara baik berupa uang Rp. 500.000,- s/d Rp. 2.000.000,-ataupun produk secara sukarela atau tanpa jumlah yang dipatok atau ditetapkan dari panitia. Sedangkan sponsor tidak menuntut apapun dari panitia.

Fasilitas atau media sponsor yang disediakan adalah :
Ø  Promosi produk
Kami dari pihak panitia akan mempromosikan produk pihak sponsor kami kepada semua peserta kegiatan ini.
Ø  Stand expo
Kami akan memberikan space ruang bagi pihak sponsor untuk ikut serta dalam expo produk di luar ruangan acara berlangsung.
Ø  Company standing banner
Kami akan memberikan kesempatan kepada pihak sponsor untuk meletakan standing banner sebagai bentuk promosi di tempat acara berlangsung.
Ø  Company special quiz
Bagi pihak sponsor yang ingin memberikan layanan kuis bagi para peserta acara, kami akan degan senang hati memberikan layanan tersebut.
Ø  Ad- Lips
Sebagai bentuk apresiasi kami, MC acara akan menyebutkan nama dan promosi pihak sponsor di depan semua peserta acara
Ø  Branding logo cetak maupun social media
Kami akan meletakan logo pihak sponsor di setiap Banner seluruh acara, baleho, poster, sertifikat acara, dan ID card panitia serta kami juga akan mempromosikan di sosial media kami.
Keterangan :
1.  Material dan desain disediakan oleh panitia, kecuali sudah diatur dalam ketentuan umum
2.  Ketentuan ini bersifat fleksibel, bisa diatur sesuai kesepakatan bersama.

KETENTUAN KERJASAMA

Trunojoyo Islamic Festival 2017 (TRIF)
1.   Setiap jenis sponsor disertai uang muka sekurang-kurangnya 50% dari total biaya yang telah disepakati dan dibayar saat penandatangan surat perjanjian, untuk sisanya dibayar sesuai dengan kesepakatan.
2.   Kerjasama yang dilakukan akan dicantumkan dalam sebuah surat pernyataan kerjasama bermaterai 6000 yang ditandatangani oleh kedua pihak.
3.   Penawaran kerjasama yang tercantum bersifat fleksibel sehingga bisa diubah sebagaimana kesepakatan kedua pihak.
4.   Waktu & penyerahan bentuk kerjasama
ü  Dana atau produk paling lambat diterima panitia pada tanggal 15 November 2017
Rekening Atas Nama :

Nur Aulia Arif
178-000-116-639-2 (BANK MANDIRI)

5.   Segala bentuk pertanyaan dan keperluan kerjasama ini silahkan menghubungi:
Contact Person :
Ø  Arif Anso                        : 085-334-077-xxx
Ø  Nurdiana Putri               : 082-302-230-xxx

6.   Produk yang dikirim bisa melalui alamat :
Masjid Nururrahman Universitas Trunojoyo Madura
Jl.RayaTelang, PO BOX 02 UTM Kamal-Bangkalan 69162
Kab. Bangkalan-Madura
a.n Hariyanto
7.   Segala bentuk kerjasama, baik produk maupun fresh money, pihak panitia akan menyediakan Laporan Pertanggung Jawaban dari penggunaan dana maupun produk tersebut pada akhir acara dan diserahkan kepada pihak sponsor selambat-lambatnya 2 minggu setelah acara selesai.

Link

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Makalah customer relationship marketing

CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING Makalah ini diajukan untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Pemasaran Bank Syariah pada program studi Ekonom...